GEDUNG SEKOLAH

GEDUNG SEKOLAH

WHAT'S RG-UG CEMPAKAWARNA?

RG-UG
MA CEMPAKAWARNA

(Rijalul Ghad – Ummahatul Ghad)

Orgasnisasi siswa intra sekolah atau disingkat OSIS, sudah lazim dikalangan SMP juga SMA. Namun disekolah kami, khususnya seluruh Pesantren Persatuan Islam (PPI) lazim dengan Rijalul Ghad – Ummahatul Ghad yang disingkat RG-UG yang artinya bapak-bapak dan ibu-ibu yang akan datang (masa depan), dengan semboyan Syubaanul yaum Rijalul Ghad Banatul yaum Ummahatul Ghad.

Mengapa pendahulu-pendahulu kami menamakan demikian? Karena kami ini merupakan para penerus bangsa dimasa depan. Dan nasib bangsa selanjutnya berada ditangan remaja-remaja saat ini.

Dari nama RG-UG terdapat pemisahan antara santriwan dan santriwati. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan ruang gerak dan aktivitas diantara keduanya dalam bidang-bidang tertentu.

Disekolah kami hanya terdapat hanya satu ekskul yaitu RG-UG namun jangkauannya luas dan mencakup keseluruhan. RG-UG terdiri dari beberapa divisi atau bidang garapan (bidgar), yaitu :

  1. Bidgar Penalaran dan Intelektual (Penitek)
  2. Bidgar Pengembangan Minat dan Bakat (Bangmikat)
  3. Bidgar Kaderisasi
  4. Bidgar Publikasi
  5. Bidgar Kesejahteraan Santri (Kessan)

Masing-masing bidgar memiliki tugas dan fungsi serta berjalan sesuai dengan program kerja dalam jangka pendek atau jangka panjang. Meskipun semua bidgar berjalan dengan sesuai pro-kernya, bukan berarti setiap bidgar tidak saling membantu satu sama lain, karena hal ini sesuai dengan prinsip atau yang diambil dari surat As-shap ayat 4 “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang dijalannya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti bangunan yang tersusun kokoh.

Rabu, Maret 19, 2008

WHAT'S MOMENTS IN MA CEMPAKAWARNA?

PORAK

(PEKAN OLAHRAGA ANTAR KELAS)

Porak..!! nama ini udah ga asing lagi bwat para OSIS di sekolahan. Kegiatan ini awalnya dilakukan setiap 1 semester sekali, namun dikarenakan requet dari para anggota yang menginginkan kegiatan out door, wal hasil porak ini dilakukan setiap satu bulan sekali, ini menandakan bahwa santri-santri di PPI 7 Cempakawarna bukan hanya mementingkan kepentingan rohani tetapi juga jasmani.

Nah, olahraga apa aja yang dilombakan di porak ala RG-UG cempakawarna..?? Tidak lain dan tidak bukan tentang permainan bola dari mulai bola volley, bola basket dan juga bola tangan, tak lupa sepak bola. Kalau sampe sepak bola ga ada, wah...wah....wah.....,,bisa-bisa didemo ma santriwannya.

Porak ini merupakan program kerja dari bidgar bangmikat. Bidgar bangmikatlah yang mengkoordinasi kegiatan porak serta hal-hal yang berkaitan dengannya.

Dalam kegiatan porak ini, para peserta sangat antusias. selain mendapatkan sertifikat partisipasi, juga ada banyak hadiah yang menarik bagi para peserta, diantaranya piala dan uang pembinaan.

So....,mau kalah or menang sama aja gituch....!! yang penting silahturahmi dan sportifitas kita terjaga..!! Bener ga brow..??!!


FESTIVAL MASAK

Kegitan lain yang kita laksanakan adalah festival masak. Jika menemukan kata festival, pasti selalu di identikan dengan keramaian. Eits, jangan salah..!! ini festival masak, keramaian bukan hanya sekedar keramaian. Di dalamnya terdapat ilmu pengetahuan dan beribu-ribu manfaat atau bisa disebut juga keramaian yang mengandung makna.

Festival masak merupakan program kerja tahunan dari UG mualimien (khusus buat cewe) yang dikelola oleh bidgar bangmikat (pengembangan minat dan bakat). Acara ini diadakan dengan tujuan agar anggota dapat berkreatifitas dalam menyajikan bermacam-macam masakan dengan satu bahan yang telah ditentukan oleh panitia.

Terlihat jelas sekali manfaatnya, dimana siswa yang tadinya dirumahnya tidak biasa memasak atau bahkan tidak pernah sama sekali, dengan festival masak ini semangat mereka jadi terpacu untuk memasak.

Meskipun mereka tadinya tidak berpengalaman, tapi mereka berhasil menciptakan resep masakan baru. Ya...walaupun awalnya cuman iseng sich....tapi patut diacungkan jempol lho....!!

Finally, acara ini dikhiri dengan makan-makan,ya iyalah....namanya juga festival masak, ironis banget kalau makanan yang sudah dibuat tidak dimakan...mubadzir banget gitu loch...!!

Alhamdulilah acara ini berhasil dijalankan setiap tahunnya dan dapat terlihat semua siswa sangat antusias, ya jelas aja wonk acaranya memang seru..!!


STUDI BANDING

Kegiatan sekarang yang bakal kita bahas adalah Studi banding. Kegiatan studi banding bukanlah hal yang asing bagi kita para OSIS. Dari namanya aja kita tau bahwa studi banding itu adalah kegiatan yang melibatkan lebih dari satu sekolah untuk sharing tentang kegiatan atau pelajaran yang ada di sekolah masing-masing.

Sasaran utama peserta kegiatan ini adalah para staf pengurus OSIS, dimana masing-masing bidang menyebutkan program-program unggulan dan sistematikanya. Setiap sekolah yang diundang datang bersama Guru Pembimbingnya, yang merupakan Guru dari bidang kesiswaan untuk memberikan gambaran tentang pro-ker yang dilaksanakan oleh OSIS di sekolahnya.
Dengan sharing pro-ker, kita menjadi tau kekurangan dan juga kelebihan dari pro-ker yang ada pada RG-UG kita. Dan juga sebagai sarana saling memotivasi dalam semangat berorganisasi dan sebagai sarana silahturahmi sesama siswa antarpeserta studi banding. So, terlihat kan apa aja manfaat dari kegiatan ini.


PEMANPAATAN BULAN RAMADHAN

ALA PESANTREN PERSIS CEMPAKAWARNA

Pada bulan ramadhan terasa sekali bukan perbedaannya dengan bulan-bulan yang lain? Yupz, tepat sekali. Coba kita perhatikan mulai dari pukul 03.00 yang biasanya masih tertidur lelap, tapi kita rela untuk bangun dan makan sahur, belum lagi kuliah subuh, pesantren kilat, ngabuburit (hal terpenting yang tak boleh dilupakan he..he...) dan seabrak kegiatan lain. Memang, terasa lelah melakukan itu semua tetapi dengan semangat dan kesabaran yang tinggi semua itu terasa ringan.


Sebagai wujud dari ketaqwaan kita pada Allah SWT, pada umumnya lembaga-lembaga pendidikan mengadakan kegiatan-kegiatan untuk mengisi bulan ramadhan. Mungkin disekolah antum-antum sekalian ikut berpartisipasi. Termasuk PPI 7 cempakawarna (sekolah yang kita banggakan gitu loch...!!).


Khusus dibulan ramadhan, kami juga ikut berpartisipasi mengisi bulan ramadhan ramadhan dengan hal-hal yang bermanfaat. Kegiatan yang kami adakan diantaranya adalah GITA Ramadhan.

Tau gak apa kepanjangan dari GITA Ramadhan..? Kalo lom tau, kami kasih tau dech. GITA singkatan dari Gema Insan Taqwa. Kegiatan ini merupakan salah satu Program kerja dari Bidgar Pengembangan Intelektual (Penitek). Biasanya kita mengambil hari kegiatan pada minggu ketiga dibulan ramadhan. Lama kegiatan hanya satu hari satu malam. Sedangkan acara-acara yang menonjol dari acara ini, kami sediakan materi-materi yang tentunya sesuai dengan nama kegiatan yaitu materi tentang taqwa.


Pada acara inipun kami mengadakan acara buka bersama dan saur bersama yang kita tau sendiri betapa dekatnya persaudaraan ketika berlangsungnya kegiatan ini. Acara malam dibatasi sampai pukul 10.30 saja. Acara kreasi seni biasanya ditempatkan pada pagi hari seusai tadarus bersama. Kreasinya bebas berbentuk apa saja, tapi, yang lebih sering dipakai yaitu, acara nasyid.

So..! dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa esensi dari kegiatan gita ramadhan adalah :

  1. Menambah ikatan persaudaraan
  2. Menjadi moment silaturahmi
  3. Memanfaatkan momentum ramadhan diisi dengna hal-hal yang positive


1 komentar:

RG-UG112 mengatakan...

Terima kasih atas informasinya, sangat informatif sekali.
kami dari RG-UG 112 mengajak anda untuk mengunjungi situs kami.
http://rg-ug112.co.cc/
terima kasih...

KETUA RG

Saeful Wahid Muharam

(Ketua RG)

Saeful Wahid Muharam, lahir di Ciamis,13 Juli 1991, dia bercita-cita menjadi filosop muslim, so…dia hobinya membaca buku-buku filosop muslim. Orang tua dia sekarang ada di Kuningan, di sekarang tinggal di asrama MA Cempakawarna.

Cowo cakep+imut ini (sayang mukanya gak keliatan,nntar dech dibuat yang close-upnya)selalu berusaha untuk menggapai cita-cita, meskipun ada orang yang meragukannya untuk berhasil, tapi itu semua di anggap bulan belaka, banyak orang yang menganggap orang filsapat itu sesat, padahal tidak begitu. Mungkin ilmu filsapat sulit di mengerti, dia terus berpegang pada keyakinannya coz menurut dia keyakinan itu akan membawa pada kebenaran. Funtastic bgt yupz…!!


KETUA UG

Maryam Jamilah

(Ketua Ug)

Nah…ni adalah ketua UG MA Cempakawarna, kalau di sekolah-sekolah lain ketua UG itu adalah ketua osis, tapi di kami di sebutnya Ketua UG, yaitu ketua dari santriwati (murid-murid perempuan).

Maryam Jamilah, dia lahir di Tasikmalaya, tanggal 29 juli 1990. Hobi dia menulis dan membaca, makluim..dia bercita-cita mau jadi orang sukses, makanya harus rajin membaca coz membaca tuch bikin kita menjadi lebih pintar. Bener gak brow..??!!

Cewe yang satu selalu aktif di RG-UG (ya iyalah…kan ketuanya). Selain aktif di RG-UG di juga kalau dah pulang scol suka ngajar anak-anak diniyah lo…Hebatkan..??

Menurut dia ngajar anak-anak tu menyenangkan walaupun anaknya pada bandel-bandel semua, tapi merekalah yang membuat dia banyak senyum dan diapun merasa terhibur. Pokoknya terasa banget dech manfaatnya…! N itung-itung belajar mendidik anak, so kita kalau punya anak nanti dah pengalaman. Wah hebat bener ibu ketu…!!


Panitia PLDJ (RG)

Panitia PLDJ (RG)
nah nie dya panitia RGnya,,,tapi sayang banged g jelas wajah2nya,,

Panitia PLDJ (UG)

Panitia  PLDJ (UG)
maw tw spa z panitianya?? ya mereka2 ini yang ada d foto...tapi itu baru panitia UG aza, masih banyak juga panitia RGnya

Pa Dudi "priangan"

Pa Dudi "priangan"
Pa Dudi ini ngajarin qta tentang materi 'pengenalan jurnalistik',,,,uih sewru bangedh,,mpe dipraktekin pake tangannya sgla,,

game simulasi,,

game simulasi,,
wuih a Yudan gie mraktekin gaya bebek,,wek,,,wek,,wek,,,

STAF RG

STAF RG
Ni..foto para pengurus RG..!! Ganteng-gantengkan? Sok,tinggal pilih..!

STAF UG

STAF UG
Ni foto pengurus UG-nya, pada cantik-cantik kan? Sok mangga tinggal pilih juga!

nah,,nie spa y??

nah,,nie spa y??
nie dya ketwu PLDJ nya atow menjabat sebagai sekretaris RG,,,dipajang fotonya karena waktu foto bareng dya g ke foto

Bewara keur balarea..!!


TELKOM SPEEDY MURAH BGT EUY...!!!

Kemarin sohib dekat aq melakukan pembayaran pertama untuk langganan Telkom Speedy dan dia was-was n takut dengan ongkos yang harus dia keluarkan coz dia telat bayar bro..! Kacian yupz...!!

Ternyata kata petugas denda yang harus dibayar adalah Rp 5.000,00 sampai akhir bulan. (Sepertinya mengikuti aturan pembayaran telepon: jumlah yang masih masuk akal jika dia terpaksa harus menempatkan pembayaran Speedy pada bagian yang terlambat).

Yang tidak terduga adalah ongkos pemakaian bulan Febuari lalu: “hanya” sebesar Rp 100-an ribu, padahal dia menduga bayarannya nyampe 200 ribu lebih coz di tiap hari hari online.

Gila man...!! Murah banget ya...!! Aksesnya cepet lagi...!! Jadi pengen daftar nich...!!

ILMU PENGETAHUAN

Tips Cara Hemat Listrik PLN

Menghemat listrik adalah suatu kegiatan yang dapat membuat konsumsi energi listrik menjadi berkurang dengan berbagai cara. Selain listrik, kita perlu juga berhemat air yang kita dapat dengan cara membayar (PAM) maupun yang kita raih dengan cara gratis (sumur bor).

Dampak dari pemborosan energi listrik, air dan sumber daya lainnya umumnya bersifat negatif serta akan memberikan kerugian bagi kita semua di masa yang akan datang. Listrik yang terbatas sebagian dibangkitkan dari PLTU atau pembangkit listrik tenaga uap dan pembangkit listrik lainnya yang menimbulkan polusi bagi lingkungan hidup.

Melihat dari dampak yang ditimbulkan dari penggunaan listrik dan air yang berlebih, maka ada baiknya kita melakukan beberapa hal di bawah ini untuk membantu menjaga kelestarian alam dari kerusakan yang serius.

Tips Hemat Listrik PLN

1. Matikan lampu jika kita tidak menggunakannya.
2. Gunakan lampu hemat energi yang terang (bukan bohlam lampu pijar)
3. Cabut steker listrik barang elektronik yang tidak kita gunakan. Bisa juga menggunakan stop kontak untuk mematikannya.
4. Gunakan alat penghemat listrik yang bagus.
5. Matikan lampu, tv, radio, dll saat tidur.
6. Pilih barang elektronik yang hemat listrik.
7. Ajari anak dan keluarga untuk hemat energi listrik.
8. Cabut charger ponsel saat indikator energi hp sudah penuh.
9. Gunakan energi gas lpg untuk memasak.
10. Gunakan energi matahari untuk memanaskan air, dll.

Nah...!! Silahkan Coba..!! Moga tips ini bermanfaat...!!